You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Salareh Aia Utara
Nagari Salareh Aia Utara

Kec. Pelembayan, Kab. Agam, Provinsi Sumatera Barat

Nagari Salareh Aia Utara

Profil Desa

KATRI YASMAN 29 Juli 2013 Dibaca 64 Kali

PENDAHULUAN

SEJARAH NAGARI

Nagari Persiapan Salareh Aia Utara adalah salah satu dari 4 hasil pemekaran Nagari Salareh Aia yang dimekarkan berdasarkan hasil Musna ( Musyawarah Nagari ) bersama tokoh masyarakat dan beberapa perantau yang disaksikan oleh Camat Kecamatan Palembayan dan Anggota DPRD Agam  pada tanggal 27 Oktober 2016 di Aula Kantor Walinagari Salareh Aia setelah keluarnya Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Nagari pemekaran ini memiliki wilayah kejorongan yang semula berasal dari 11 jorong yang ada di Nagari Salareh Aia. Nagari Salareh Aia sebagai Nagari Induk mencakup 4 wilayah Jorong yaitu Jorong Kayu Pasak, Jorong Kayu Pasak timur, Jorong Kayu Pasak Selatan dan Jorong Ngungun. Nagari Persiapan Salareh Aia Timur juga mencakup 4 wilayah Jorong yaitu Jorong Koto Alam, Jorong Subarang Aia, Jorong Kampuang Tangah Timur dan Jorong Kampuang Tangah Barat. Nagari Persiapan Salareh Aia Barat mencakup 1 wilayah Jorong yaitu Jorong Tapian Kandih. Dan Nagari Persiapan Salareh Aia Utara mencakup 2 wilayah Jorong, yaitu Jorong Koto Gadang dan Jorong Tompek. 

Hasil Musna perihal pembagian Nagari Salareh Aia menjadi 4 ini disambut baik oleh pemerintahan Kabupaten Agam  karena didukung oleh keluarnya Permendagri Nomor 1 tahun 2017 tentang Penataan Desa di bulan Januari 2017. Dan pada tanggal 16 Maret 2017 Bupati Agam resmi mengesahkan pemekaran Nagari Salareh Aia dengan mengeluarkan Perbup Agam Nomor 15 Tahun 2017 tentang Pembentukan Nagari Persiapan Salareh Aia Timur, Nagari Persiapan Salareh Aia Barat dan Nagari Persiapan Salareh Aia Utara sebagai wilayah pemekaran dari Nagari Salareh Aia. Sedangkan Nagari Salareh Aia ditetapkan sebagai Nagari Induk dari 3 Nagari Persiapan yang telah disahkan. Untuk pusat pemerintahan masing-masing Nagari Persiapan, Nagari Persiapan Salareh Aia Timur berpusat di Koto Alam, Nagari Persiapan Salareh Aia Barat berpusat di Padang Koto Marapak, dan Nagari Persiapan Salareh Aia Utara berpusat di Padang Koto Gadang. Berdasarkan Perbup Agam Nomor 15 Tahun 2017 ini juga Gubernur Sumatera Barat menerbitkan Kode Register ketiga Nagari Persiapan pada tanggal 12 Juli 2017 dan Nagari Persiapan Salareh Aia Utara diberi Kode Register dengan Nomor 13.06.11.2008. Setelah penerbitan Nomor Register Nagari oleh Gubernur, pada tanggal 29 September 2017 Pemerintah Kabupaten Agam resmi mengeluarkan Perbup Agam Nomor 48 Tahun 2017 tentang Pedoman  Penyelenggaraan Nagari Persiapan dan melahirkan 8 indikator untuk dipenuhi pemerintahan di Nagari Persiapan untuk menjadi nagari yang defenitif.

Puncaknya, berdasarkan Landasan Hukum tersebut, pada tanggal 30 Desember 2017, maka dilantiklah Pejabat Walinagari Persiapan Salareh Aia Utara di Padang Koto Gadang oleh Wakil Bupati Agam yang dihadiri oleh semua tokoh dan dan semua lapisan masyarakat Jorong Koto Gadang dan Jorong Tompek yang mana kedua Jorong ini terlingkup di dalam wilayah administrasi pemerintahan Nagari Persiapan Salareh Aia Utara. Dan untuk membantu kerja Pejabat Walinagari, pada tanggal 9 Maret 2018 dilaksanakan pelantikan 5 orang Perangkat Nagari untuk mengisi posisi Sekretaris Nagari, Kasi Pemerintahan, Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan, Kaur Umum dan Perencanaan, serta Kaur Keuangan.

 

A.KEADAAN GEOGRAFIS

Kondisi geografis merupakan letak suatu negara atau daerah atau wilayah berdasarkan tata benua atau tata samudra, atau letak suatu daerah berdasarkan kenyataannya dimuka bumi. Nagari Salareh Aia Utara secara geografis berpusat pada posisi  0° 6'38.40" LS dan 100° 3'33.99" BT. Luas wilayah Nagari Persiapan Salareh Aia Utara adalah 36,7 Km2.

Adapun batas – batas wilayah Nagari Persiapan Salareh Aia Utara adalah :

 

BATAS

NAGARI

KECAMATAN

Sebelah Utara

Nagari Binjai

Tigo Nagari, Kab. Pasaman Timur

Sebelah Selatan

Nagari Salareh Aia Barat

Palembayan

Sebelah Timur

Nagari Salareh Aia

Palembayan

Sebelah Barat

Nagari Kinali

Kinali, Kab. Pasaman Barat

 

 

B. ORIENTASI JARAK / ORBITRASI

Data pada tabel dibawah ini merupakan orbitrasi Nagari Salareh Aia Utara :

URAIAN

KETERANGAN

Jarak ke Ibukota Kecamatan

30 Km

Lama jarak tempuh ke Ibukota Kecamatan

60 Menit

Jarak ke Ibukota Kabupaten

31 Km

Lama jarak tempuh ke Ibukota Kabupaten

37 Menit

Jarak tempuh ke Ibukota Provinsi

129 Km

Lama jarak tempuh ke Ibukota Provinsi

180 Menit

 

 

C. TOPOGRAFI

Secara umum kondisi topografi Nagari Salareh Aia Utara adalah datar untuk kawasan pemukiman dan persawahan serta bergelombang sedikit berbukit untuk areal pertanian dan perkebunan

Berikut ini adalah tabel topografi Nagari Persiapan Salareh Aia Utara:

 

NO

JENIS TOPOGRAFI

PERSENTASE LUAS (%)

1

Datar

55

2

Landai

25

3

Agak Curam

10

4

Curam

10

5

Sangat Curam

5

PERSENTASE TOTAL

100

D. HIDROLOGI

Sumber air utama yang dimanfaatkan oleh penduduk Nagari Salareh Aia Utara yaitu air pegunungan dan air tanah.

  1. Air Pegunungan

Air Pegunungan yang mengalir dalam Nagari Salareh Aia Utara yaitu Batang Sapan dan Batang Nanggang. Air ini dijadikan sebagai sumber pengairan sawah masyarakat dalam lingkungan Nagari Persiapan Salareh Aia Utara. Sedangkan untuk sumber air bersih, khususnya Jorong Koto Gadang memiliki BP-SPAMS Padang Koto Gadang yang berhulu di kaki Bukit Sandiang Tigo yang mengalirkan sumber air bersih ke rumah warga sekitar.

  1. Air Tanah

Mengenai air tanah ini, biasanya berkaitan dengan proses penggunaannya apakah itu berupa pemanfaatan air tanah melalui proses galian ataupun melalui proses pengeboran.

 

E. KLIMATOLOGI

Klimatologi secara ilmiah didefinisikan sebagai kondisi cuaca yang dirata-ratakan selama periode waktu yang panjang. Nagari Persiapan Salareh Aia Utara mempunyai iklim tropis basah dengan temperatur udara minimum 20ºC dan temperatur maksimum 30ºC serta memiliki kelembapan udara minimum 83% dan kelembapan udara maksimum 94%.

Curah hujan tahunan tertinggi rata–rata 2.000 – 2.500 mm/tahun dengan jumlah hari hujan rata-rata 204 hari/tahun. Curah hujan bulanan tertinggi rata-rata 270 mm/bulan terjadi pada bulan November dengan jumlah hujan 19 hari/bulan, sedangkan jumlah curah hujan terendah 100mm/bulan terjadi pada bulan Juni dengan jumlah hari hujan sebanyak 8 hari/bulan. Data ini diadopsi dari kondisi Kabupaten Agam secara umum (Sumber Stasiun Klimatologi Sicincin, 1991-2003).

 

  1. DEMOGRAFIS

Penduduk adalah semua orang yang berdomisili disuatu wilayah selama 6 bulan atau lebih dan mereka yang berdomisili kurang dari 6 bulan tapi bertujuan untuk menetap. Jumlah penduduk di Nagari Salareh Aia Utara per Juni 2020 adalah sebanyak 3.782  jiwa, terdiri dari 2.152 laki – laki dan 2.019 perempuan. Adapun jumlah kepala keluarga sebanyak 973 KK. Secara umum, mata pencaharian penduduk Nagari Salareh Aia Utara adalah dibidang pertanian/perkebunan dan sektor niaga.

 

F. WILAYAH ADMINISTRASI

Nagari Salareh Aia Utara terdiri dari 4 kejorongan sebagai wilayah administrasinya, yaitu:

1. Jorong Koto Gadang 

Jorong Koto Gadang memiliki wilayah seluas 5,76 KM² atau 576 Hektar. Dengan Jumlah KK sebanyak 368 dan penduduk sebanyak 1.454 Jiwa yang terdiri dari Laki-laki 739 jiwa dan perempuan 715 jiwa.

Adapun Batas-Batas Jorong Koto Gadang adalah sbb: 

Sebelah Utara berbatas dengan Jorong Padang Tarok Nagari Salareh Aia Utara

Sebelah Selatan berbatas dengan Jorong Tapian Kandih Nagari Salareh Aia Barat

Sebelah Timur berbatas dengan Jorong Ngungun Nagari Salareh Aia

Sebelah Barat berbatas dengan Jorong Tompek Nagari Salareh Aia Utara

    Peta wilayah Jorong Koto Gadang

Peta Wilayah Jorong Koto Gadang

 

2. Jorong Padang Tarok

Jorong Padang Tarok Merupakan pemekaran dari Jorong Koto Gadang. Jorong Padang Tarok memiliki wilayah seluas 5,46 KM² atau 546 Hektar. Dengan Jumlah KK sebanyak 227 dan penduduk sebanyak 889 Jiwa yang terdiri dari Laki-laki 446 jiwa dan perempuan 443 jiwa.

Adapun Batas-Batas Jorong Padang Tarok adalah sbb: 

Sebelah Utara berbatas dengan Jorong Muaro Tantang Nagari Salareh Aia Utara

Sebelah Selatan berbatas dengan Jorong Koto Gadang Nagari Salareh Aia Utara

Sebelah Timur berbatas dengan Jorong Ngungun Nagari Salareh Aia

Sebelah Barat berbatas dengan Jorong Tompek Nagari Salareh Aia Utara

          Peta Wilayah Jorong Padang Tarok

 

3. Jorong Muaro Tantang

Jorong Muaro Tantang Merupakan pemekaran dari Jorong Koto Gadang. Jorong Muaro Tantang memiliki wilayah seluas 4,39 KM² atau 439 Hektar. Dengan Jumlah KK sebanyak 169 dan penduduk sebanyak 670 Jiwa yang terdiri dari Laki-laki 356 jiwa dan perempuan 314 jiwa.

Adapun Batas-Batas Jorong Muaro Tantang adalah sbb: 

Sebelah Utara berbatas dengan Nagari Binjai, Kec. Tigo Nagari, Kab. Pasaman

Sebelah Selatan berbatas dengan Jorong Padang Tarok Nagari Salareh Aia Utara

Sebelah Timur berbatas dengan Jorong Ngungun Nagari Salareh Aia

Sebelah Barat berbatas dengan Jorong Tompek Nagari Salareh Aia Utara

Peta Wilayah Jorong Muaro Tantang

 

 

4. Jorong Tompek

Jorong Tompek memiliki wilayah seluas 20,4 KM² atau 2.044 Hektar. Dengan Jumlah KK sebanyak 191 dan penduduk sebanyak 416 Jiwa yang terdiri dari Laki-laki 416 jiwa dan perempuan 369 jiwa.

Adapun Batas-Batas Jorong Koto Gadang adalah sbb: 

Sebelah Utara berbatas dengan Jorong Padang Tarok Nagari Salareh Aia Utara

Sebelah Selatan berbatas dengan Jorong Tapian Kandih Nagari Salareh Aia Barat

Sebelah Timur berbatas dengan Jorong Ngungun Nagari Salareh Aia

Sebelah Barat berbatas dengan Jorong Tompek Nagari Salareh Aia Utara

   Peta Wilayah Jorong Tompek :

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image